Sekilas Tentang AJS Bird Farm

Hobi Burung Kenari, berawal dari kegemaran kami terhadap burung kicauan dari SD hingga saat ini ternyata kicau burung memang tidak pernah membuat bosan bagi kami. Teringat masa kecil sangat suka mengisi hari2 bersama alam bermain sambil mencari - cari sarang burung dipohon, yang kebanyakan ditemukan adalah sarang burung pipit, yah dulu dapat anakan burung pipit aja rasanya puooll seneng banget. Beranjak remaja, tetap senang memelihara burung kicau, seperti burung pleci, burung robin, kutilang, cendet dan trotokan. Karena burung kenari dulu masih langka alias jarang yang memelihara di daerah kami.

Ring-peternak-kenari
Ring AJS Bird Farm

Hingga 4 tahun yang lalu kami mulai dengar tren burung kenari karena ada beberapa teman yang memelihara, sering main ke tempat teman liat burung kenari berkicau yang ngerool ngeroool, sambil gelang geleng kepala wah menarik sekali dilihat, menyenangkan deh.. Lhah lebih kaget liat teman ambil kenari betina kemudian dicampur dengan jantan.. Dan cusss... wik iwik iwik iwik iwik gitu gayanya siburung.. ternyata teman ini tidak hanya mendengarkan suaranya saja tetapi juga menangkarkan burung kenari yang dipeliharanya.. Jadi tertarik deh.. makin sering main ke rumah temen untuk belajar.. belajar memelihara sekaligus beternak burung kenari.

Akhir tahun 2011 coba deh memelihara burung kenari saat itu coba beli indukan 1ekor f3 pejantan dan 1 ekor f1 betina dan 1ekor af jantan semuanya sudah kondisi produksi.. hasil dari belajar pada Mas Heri, Mas Edi, Mas Deni dan beberapa teman yang lain, makasih banyak sharing ilmunya master. Langsung deh cus f1 x af dulu untuk uji coba sambil kakak nambah indukan jantan f1, hasil penjodohan pertama berhasil bertelur dan telur fertil 2 butir, tunggu 14 hari ternyata tidak menetas, usut punya usut.. ternyata indukan betina tidak nyaman dan sering tidak mengerami telurnya mungkin karena kondisi ruang ternak yang belum aman dari gangguan.

Langsung saja ruang ternak kami pindah di kamar saya.. Alhamdulillah mulai bisa produksi.. dan nambah beberapa induk lagi.. Alhamdulillah lancar.. master Edi St Canary selalu membimbing dalam breeding ini.. Master Deni Finch 99 yang juga soarang juri event kicau di daerah kami juga sering singgah untuk sekedar memberi pengarahan agar ternak kenari kami berjalan dengan lancar.. Terimakasih banyak semuanya.. Semoga pahalanya mendapat balasan yang jauh berlipat..

Oke AJS Bird Farm (Agung ayahe Joshua) menjadi nama dari peternakan burung kenari kami, karena notabene Mas Agung yang lebih tua jadi pake nama dia aja saya sendiri Rahmad.. Jadi AJS bird farm adalah peternakan kami (Agung dan Rahmad) Untuk kandang pertama berlokasi di Wuryanto, Kabupaten wonogiri, sedangkan kandang kedua berlokasi di Ponjong, Gunungkidul (Mas Agung aslinya juga orang ponjong) makanya Ring kami menggunakan kode AJS GK (GK : Gunungkidul). Bagi yang ingin silaturahmi ke tempat kami monggo kami persilahkan..

Kandang pertama Ternak Kenari di Wuryantoro Wonogiri
Jemur Pagi Di Kandang 1 Wuryantoro Wonogiri
Jemu Pagi Burung Kenari
Jemur Pagi Di Kandang 2 Ponjong, Gunungkidul


Nanti untuk update foto room breeding kami update di bawah ..






Next
« Prev Post
Previous
This is the oldest page

Terima Kasih